Pusat Isi Ulang Tinta, Toner Service Printer dan Service Komputer Bandar Lampung

Jumat, September 01, 2017

APAKAH KATRID YANG DI REFILL TERDETEKSI FULL / PENUH?


Full Ink

APAKAH KATRID YANG DI REFILL TERDETEKSI FULL / PENUH?
Ini merupakan pertanyaan yang sering di tanyakan beberapa customer kepada jasa isi ulang manapun baik yang kelas Corporate seperti maupun yang kelas refill / isi ulang di toko komputer.

Kita akan bahas satu persatu.
Di dunia printer umunya di kenal 4 jenis printer yaitu Ink (tinta), Toner (serbuk), Thermal (panas) dan Ribbon (pita).Pada umumnya printer pita dan thermal tidak terdapat deteksi asli atau tidaknya pita yang di gunakan. Jadi pendeteksian katrid asli dan kapasitasnya penuh atau tidak, umumnya ada pada printer tinta (ink) dan toner (serbuk) pada printer laser.

Pendeteksi kapasitas pada printer tinta maupun laser umunya terdiri dari 3 jenis yaitu:
1. Chip Detector.
2. Laser Detector.
3. Mekanikal Detector.

1. Chip Detector
Jenis ini umunya meletakan Counter halaman cetak pada Chip yang terletak pada katrid dan akan menempel pada printer saat di gunakan. Chip detector umumnya memiliki full counter saat pertama kali di beli. Counter akan berkurang dan habis sesuai dengan penggunaan. Umumnya Counter habis sesuai dengan kondisi Tinta ataupun toner di dalam katrid.
*(katrid merupakan wadah dari tinta, serbuk, pita maupun peluru di dunia militer.)

Katrid tersebut dapat di gunakan kembali walaupun terdeteksi kosong.

WARNING!!!!
Penggunaan kembali katrid kosong ataupun di refill pada printer akan otomatis mengakhiri garansi printer anda. Di jaman serba online printer anda melaporkan ke server produsen nomor seri katrid yang di gunakan. Jadi jangan kaget saat anda klaim garansi dengan menggunakan katrid barupun yang penuh maka klaim anda batal jika anda menggunakan kembali katrid bekas ataupun di refill/ isi ulang. Namun apakan sesuai biaya cetak anda menggunakan Katrid asli?

Apakah Chip katrid dapat di reset counternya sehingga terlihat penuh pada software di komputer?
Jawabanya adalah iya dengan membongkar algoritma chip tersebut dan meresetnya dengan software buatan dan itu membutuhkan waktu yang lama dan tidak efisien. Namun ada juga beberapa katridge yang dapat di reset counter dengan Reseter Chip. Contohnya Catridge Epson dan Canon printer seri IX.
Epson katrid reseter
Canon katrid resetter
Pada katridge canon ada juga yang menyediakan chip penganti yang mereset secara automatis.

Chip Auto reset canon.
Chip reset ini biasanya di gunakan untuk pemalsuan katrid bekas dan di jual dengan harga Asli. Jadi untuk anda pengguna katrid asli sebaiknya waspada dengan Katrid jenis ini. Periksa dengan seksama bungkus hologram dan nomor seri katrid apakah sama yang di kotak dan yang tertera pada body katrid. Lebih baik menggunakan katrid daur ulang yang harga murah tanpa terdeteksi full daripada katridge mahal tapi Aspal.

Hampir semua printer yang menggunakan katrid maka menggunakan chip untuk deteksi kapasitas yang dimana akurasi berdasarkan perhitungan rata-rata. Sehinga jika tidak di reset maka tetap terdeteksi kosong walaupun sudah di isi ulang dengan kondisi penuh. Namun buat anda yang sudah paham hal ini tentunya tidak masalah yang penting tetap bisa cetak dokumen dengan baik.

2. Laser Detector
Sangat sedikit printer yang menggunakan teknologi ini karena di anggap memberikan kesempatan orang untuk isi ulang. Teknologi ini menggunakan sinar laser untuk mendeteksi kapasitas isi di dalam katrid keakuratan data dan informasi pada teknogi ini mencapai 95% namun karena katrid dapat di isi ulang dan tanpa chip maka teknologi ini tidak lagi di gunakan pada printer saat ini.

3. Mekanikal Detector
Teknologi ini umunya mengabungkan electrik dan mekanikal. Counter halaman cetak berada pada unit printer dan dapat di reset jika sudah penuh menggunakan sensor mekanik ataupun sensor electric.
Jadi pada catridge tidak di letakan chip. Teknologi ini di gunakan oleh printer Brother seri TN dan Fujixerox P115 Series.

Jadi dari keseluruhan informasi di atas dapat di simpulkan bahwa chip counter dan apapun namanya itu di gunakan agar anda membeli produk asli Original yang mahal namun dengan kualitas yang 11 12 dan plus tercover garansi. Namun jika anda mau hemat dalam biaya cetak dokumen dan nggak mau pusing terdeteksi katridnya kosong ya refill di refillxpres saja. Refill isi ulang kami bergaransi 30 Hari atau Sampai dengan Tinta / Toner Habis, mana yang tercapai terlebih dahulu. Layanan Jemput antar Gratis dan banyak lagi layanan gratis dari kami.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Newsletter

We’ll keep you informed and updated

Instagram

Facebook