Pusat Isi Ulang Tinta, Toner Service Printer dan Service Komputer Bandar Lampung

Rabu, November 01, 2017

REFILL, KOTOR DAN PRINTER CEPAT RUSAK ?

1. Apakah isi ulang tinta / toner printer membuat printer cepat rusak ?
2. Apakah printer yang di refill / isi ulang pasti kotor ?
3. Apakah dengan refill / isi ulang umur printer menjadi lebih pendek ?

Ini adalah tiga dari beberapa pernyataan ataupun pertanyaan dari anda yang menggunakan printer dengan katridge original.

Kami coba menjawab beberapa pertanyaan di atas sesuai dengan pengalaman kami dan bukan sebagai pembelaan diri.

Apakah isi ulang tinta / toner printer membuat printer cepat rusak ?
Jawabannya adalah "YA",
Jika di isi ulang dengan sembarangan, tidak sesuai prosedur dan tidak mau mengganti parts yang di rekomendasikan.

Apakah printer yang di refill / isi ulang pasti kotor ?
Jawabannya adalah "YA" tidak ada gading yang tak retak, semua produk isi ulang terutama Laserjet pasti akan membuat printer anda kotor tak terkecuali produk original. Lho... koq gitu?....

Apakah dengan refill / isi ulang umur printer menjadi lebih pendek ?
Jawabannya adalah "YA" Jika anda menghitung pada umur bukan jam operasional alias jumlah cetak.

Lalu mengapa saya harus isi ulang printer jika ternyata efeknya negative?

Ok ... awalnya yang di tawarkan oleh tempat refill / isi ulang adalah penghematan biaya.
Contoh: Catridge Original HP 85A Original Harga Rp. 850.000 - Rp. 950.000 dengan kemampuan cetak kata HPnya :

HP 85a
HP 85a

Page yield (black and white)
1,600 pages

Page yield footnote
Approximate average yield based on ISO/IEC 19752. Actual yield varies considerably based on content of printed pages and other factors. For details see http://www.hp.com/go/learnaboutsupplies.
  
Ok kita gunakan harga di Rp. 800.000,- maka untuk harga cetak perlembar dengan maksimal capaian adalah  800.000 / 1600 = Rp 500,- perlembar.

Sedangkan untuk isi ulang dari refillxpres dengan sistem replacement aliast tukar, dengan Harga Rp. 150.000, maka harga cetak perlembar adalah 150.000 / 1000 (* Kami memberikan estimasi lebih rendah) =Rp. 150. Rupiah
Jadi selisi yang anda dapatkan adalah Rp. 350 x 1000 Lembar = Rp 350.000, dan ini perhitungan minimal dan akan berbeda jika kami menghitung di 1600 lembar. Namun kami selalu mencoba untuk merendah dan tidak memberikan janji manis kepada anda.

Lalu kenapa printer saya kotor saat menggunakan catridge Toner Isi ulang, Berarti bocor dan jumlah cetak pasti berkurang.
Ok penyebab utama kebocoran pada printer laserjet adalah:
1. Pembuangan Penuh, Pada Katrid Laserjet HP, Canon dan Fujixerox pada umumnya memiliki body pengisian dan body pembuangan. Setiap teknisi mengisi sesuai dengan takaran standard tanpa di kurangi sesuai dengan jenis Katrid. Namun karena menurunya kualitas Suku cadang di dalam Katrid maka akan semakin banyak sisa pembuangannya dan jika melebihi kapasitas tempat penampungan maka akan keluar dan mengotori printer. Jadi solusi untuk hal ini adalah jika sukucadang sudah di rekomendasikan untuk di ganti maka sebaiknya mengganti suku cadang yang di rekomendasikan tersebut.
2. Cara pengisian yang tidak sesuai standard dan takaran. Ini sering di lakukan oleh beberapa orang yang mengisi printer laser di tempat di mana Katrid tidak di bersihkan dan hanya di isi tidak sesuai prosedur dan takaran yang menyebabkan kebocoran langsung pada katrid.

Lalu apakah Katrid original tidak pernah bocor? Saya pernah bekerja di sebuah perusahaan besar yang menggunaka katrid original dengan penggunaan 1 katrid selama 2-3 bulan ( 500-600 lbr /bulan) dan ternyata rata2 printer akan kotor pada 18 - 24 bulan, lalu kerusakan printer terjadi pada tahun ke 4 s/d tahun ke 5, ada kerusakan ringan pada tahun ke 2 dan ke 3. Wow.. sangat mengesankan. Lalu saya cek coba bandingkan dengan sahabat saya yang mengeluh soal printer di tempatnya bekerja yaitu di sebuah lembaga bimbingan belajar dan menurut informasi, jika menggunakan katridge refillan yang terjadi adalah printer kotor pada bulan ke 6 dan kerusakan besar di mulai pada tahun ke 3. Lalu saya bertanya berapa banyak cetakan yang di lakukan perlembar tiap bulannya? Ternyata dia pun tidak tau jumlah cetakan per bulannya dan hanya tau bahwa satu bulan bisa 2-3 x isi ulang untuk satu unit printer. Denga perhitungan standard saya maka jumlah cetakan perbulan mereka mencapai 2500-3000 lembar perbulan.Jika perbandingan dengan menggunakan jumlah cetakan maka
Original katrid akan menyebabkan printer kotor pada 24 x 500lbr = 12000an cetakan,
sedangkan Katrid refillan pada 6bulan x 2500lbr = 15000an lembar cetakan.

Lalu yang selama ini di gembar-gemborkan cepat rusak dan lainnya ternyata harus di tinjau dari jumlah lembar cetak dan bukan lama pemakaiannya.

Sedangkan Fusser Assy HP P1102

fusser assy
Fusser assy komponen pemanas P1102
Sebuah suku cadang pemanas yang ada di HP P1102 memiliki masa pakai pada 25.000 lembar sedangkan untuk para pengguna refill dengan jumlah itu maka hanya butuh kurang dari dua tahun maka anda sudah melewati batas pakai fixing unit atau unit pemanas pada printer ini. Jadi semua kesimpulan yang selama ini di sampaikan tidaklah relevan jika hanya melihat dari tahun pemakaian bukan dari jumlah cetak dokumennya.

Namun kami di pihak Refillxpres telah menyediakan layanan Free Maintenace untuk membersihkan printer anda jika printer anda kotor. Kami hanya meminimalisasi kerusakan dengan membersihkan printer anda dari sisa Serbuk, Staples dan Kotoran lainnnya. Layanan ini otomatis berlaku saat anda refill / isi ulang di Refillxpres.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Newsletter

We’ll keep you informed and updated

Instagram

Facebook